Kamis, 10 Maret 2016

Kampung Buloa dalam Tinjauan Arkeologi Kontemporer

Aman Wijaya
Masyarakat pesisir adalah tipe masyarakat yang dianggap menggantungkan hidupnya dengan memanfaatkan sumber daya laut. Masyarakat di kelurahan Buloa tepatnya di lingkup RW 02 RT 08, adalah salah satu kelompok masyarakat pesisir di kota Makassar yang merupakan tipe masyarakat urban kontemporer yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara-cara hidup dan perubahan budaya yang terjadi pada masyarakat urban kontemporer yang bermukim di wilayah pesisir kota melalui tipologi pemukimannya.
Untuk mencapai tujuan tersebut, analisis Geograpychal Information System (GIS) dan Figure-Ground yang dipinjam dari disiplin ilmu geografi dan ilmu arsitektur diterapkan untuk menganalisis lapisan budaya materil dan demografi yang ada di wilayah pemukiman tersebut untuk menggambarkan sebuah imajinasi ruang dan bagaimana susunan ruang dalam pemukiman tersebut terbentuk.
Penelitian ini menunjukkan bahwa cara-cara bermukim masyarakat kampung Buloa serta intervensi negara menjelaskan ikhwal perubahan budaya masyarakat desa yang melakukan proses urbanisasi ke kota. Yaitu pergeseran dari masyarakat agraris menuju masyarakat semi-industri.

Sumber: Skripsi Struktur Ruang di Wilayah Pemukiman Kampung Buloa (2015(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar